Not Lagu Terbaru :
Home » » apa sih not angka itu?

apa sih not angka itu?

Not angka merupakan salah satu bentuk dari notasi lagu atau partitur (sheet music) yang paling sederhana, not angka lebih banyak digunakan di negara-negara asia seperti Indonesia, China dan India, Notasi musik standar saat ini adalah notasi balok, yang didasarkan pada paranada dengan lambang untuk tiap nada menunjukkan durasi dan ketinggian nada tersebut. Tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Durasi nada ditunjukkan dalam ketukan.


Simbol Not Angka

Dalam penulisan not angka simbol yang digunakan berbeda dengan simbol yang digunakan pada not balok. Dalam notasi balok, sistem paranada bergaris lima digunakan sebagai dasar. Bersama dengan keterangan mengenai tempo, ketukan, dinamika, dan instrumentasi yang digunakan, not ditempatkan pada paranada dan dibaca dari kiri ke kanan. Sedangkan pada Not Angka simbol not menggunakan urutan angka dari 1-7 seperti pada contoh di  bawah ini :

1=Do
2=Re
3=Mi
4=Fa
5=Sol
6=La
7=Si

Nada not angka tanpa tanda titik merupakan nada C  asli pada not balok, sedangkan tanda 1 dengan tanda titik di atas artinya nada tersebut naik satu birama dari nada asli. Jika nada dengan tanda titik di bawah not angka artinya nada tersebut turun satu birama dari nada asli.

Membaca Notasi Angka

Dalam sebuah lagu yang ditulis dalam notasi angka biasanya terdapat kode -kode diantaranya :
  • C=DO, artinya menunjukan nada dasar lagu tersebut
  • 4/4, artinya terdapat empat ketukan dalam birama, satu ketukan kuat diikuti tiga ketukan lemah, dan masing-masing ketukan bernilai not seperempat
  • # tanda Kres menunjukan not warna hitam pada piano/pianika.

Kenapa kita susah dalam mencari not angka lagu barat di Internet ?

Banyak dari kita yang sering mengalami kesulitan mencari lagu-lagu barat yang ditulis dalam bentuk not angka, kalaupun kita bisa menemukanya di mesin pencari, saya yakin itu pembuatnya adalah orang indonesia/China/India. Alasanya mudah, karena kebanyakan dari negera - negara tersebutlah yang sering menggunakan not angka, berbeda dengan negara - negara lain di amerika dan eropa, karena dalam standar penulisan musik sudah menggunakan not balok.

Software Menulis Not Angka

tidak ada software khusus untuk menuliskan not angka, kita bisa membuat not angka dengan berbagai software misalnya, microsoft word, adobe photoshop, corel draw, open office writter dan lain-lain.

Font Untuk Menulis Not angka

jika kita menulis not angka menggunakan adobe photoshop atau corel draw, kita tidak memerlukan font khusus, kita hanya perlu menembahkan bentuk / symbol titik di atas not dan symbol lainya yang bisa dibuat dengan mudah. Berbeda jika kita membuat not asngka dengan software pengolah kata seperti microsoft word. Beberapa contoh font yang digunakan misalnya :
  • Notasi Angka 
  • Font Not Angka v2.0
  • andrefont04
  • Parnumation
  • kaka136
  • kepatihan
dan masih banyak lagi font-font not angka lainya yang dibuat oleh anak negri. Jika kita bisa sedikit berkreasi, dapat juga membuat font untuk menulis not angka sendiri dengan menggunakan bantuan software font creator.

Demikian sekilas tentan not angka. semoga bermanfaat. Terimakasih.

Share this article :
 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger